Mahasiswa S-2 Manajemen Bencana Unhan melaksanakan studi exercusion ke Pushidrosal


Perdalam Bidang Pemetaan:
Mahasiswa S-2 Manajemen Bencana Unhan melaksanakan studi exercusion ke Pushidrosal

Bogor, 14/02/2019.
Guna memperdalam pengetahuan tentang pemetaan, mahasiswa S-2 Program Studi Manajemen Bencana FKN Unhan melaksanakan studi lapangan ke Pusat Hidrografi dan Oceanografi TNI AL (Pushidrosal) di Kawasan Ancol Jakarta Utara. Sesuai dengan kurikulum, salah satu mata kuliah yang dipelajari mahasiswa Prodi Manajemen Bencana FKN Unhan, pada semester-2 adalah Geografic Information System (GIS). Mata kuliah ini diampu oleh Prof. Dr. Sobar Sutisna, M.Surv. bersama team teaching yang merupakan dosen-dosen profesional di bidang geografi dan pemetaan. 
Dalam setiap semester, selain studi di dalam kelas, juga dilaksanakan studi ke lapangan guna mengetahui secara lebih dekat penerapan teori yang telah dipelajari di dunia nyata. Kali ini studi lapangan dilaksanakan di Pushidrosal, dimana Laksma TNI Dr. Trismadi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Pushidrosal merupakan salah satu team teaching untuk Mata Kuliah GIS tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya studi lapangan juga dilaksanakan ke Dispotrudau, Dittopad, serta BIG.
Pelaksanaan studi ke Pushidrosal diterima langsung oleh Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Harjo Susmoro, Ir., S.Sos., S.H., M.H serta memberikan kuliah pembekalan tentang tugas pokok Pushidrosal dalam mendukung pertahanan dan keamanan negara. Beliau menegaskan bahwa mahasiswa Unhan memiliki kesempatan yang luas untuk mengeksplorasi kemampuan akademik bidang pertahanan melalui pembelajaran yang aplikatif. Melalui studi lapangan diharapkan terjalin relasi yang baik dan terus dibina antara Unhan dengan lembaga/instansi terkait, salah satunya dengan Pusat Hidrografi dan Oceabografi TNI AL.
Pada sesi selanjutnya Mahasiswa S-2 Manajemen Bencana mendapat pembelajaran tentang pemetaan sekaligus kunjungan ke bagian Maping Division, guna melihat secara langsung proses pemetaan dan pembuatan peta kertas maupun elektronik serta peralatan dan fasilitas yang digunakan untuk menunjang tugas-tugas Pushidrosal. Setelah mendapatkan kuliah pembekalan dan pengenalan alat dan fasilitas Pushidrosal, acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Kapushidrosal kepada Prodi Manajemen Bencana Unhan.
Model  pembelajaran seperti ini, tetap dikembangkan sehingga para mahasiswa S-2 Prodi Manajemen Bencana diharapkan lebih mampu mengimplementasikan pengetahuan baik teori maupun praktek tentang Geografic Information System (GIS) khususnya dalam pemetaan yang berkaiatan dengan kebencanaan.  Bidang ini  berkontribusi untuk pengurangan risiko bencana (Disaster Risk Reduction) menuju ketangguhan bangsa menghadapi bencana. Salam tangguh dan Salam Bela Negara (IDK). 

   dokumentasi :





Mahasiswa S-2 Manajemen Bencana Unhan melaksanakan studi exercusion ke Pushidrosal Mahasiswa S-2 Manajemen Bencana Unhan melaksanakan studi exercusion ke Pushidrosal Reviewed by Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional on February 14, 2019 Rating: 5

No comments:

Gallery

Powered by Blogger.