Sosialisasi Mitigasi Bencana Bagi Seluruh Mahasiswa UNHAN

Mahasiswa Manajemen Bencana cohort 09 dari Fakultas Keamanan Nasiona (FKN) Unhan, menggelar kegiatan sosialisasi tentang Mitigasi Bencana bagi seluruh civitas akademika Unhan, bertepat di 13 kelas Prodi dari seluruh Fakultas, Kampus Unhan Komplek IPSC PMPP TNI Sentul. Kamis (24/1).
Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari Intruksi Menristekdikti bapak M. Nasir mengenai mitigasi bencana bahwa setiap perguruan tinggi harus menjelaskan mitigasi bencana kepada masyarakat  luas. Mahasiswa MB universitas pertahanan selaku unsur pengganda dari BNPB merasa terpanggil untuk memberikan sosialisasi mengenai mitigasi bencana kepada warga masyarakat universitas pertahanan. 
Dalam sosialisasi ini dijelaskan tentang wilayah Indonesia memiliki tingkat rawan bencana yang sangat tinggi dan terus meningkat, dengan  kejadian bencana dari tahun ke tahun ini, maka masyarakat perlu dibekali penetahuan  tentang mitigasi bencana.
Menurut Sespordi MB Fakultas Keamanan Nasional Kolonel Kes Dr. IDK Kerta Widana, SKM, MKKK, dikatakan bahwa sosialiasi mitigasi bencana ini bertujuan untuk memberikan kesadaran,kewaspadaan, dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana, sehingga mengurangi terjadinnya menekan terjadinnya korban jiwa akibat bencana alam.
Letak geografis Indonesia yang berada di  pertemuan tiga lempeng besar yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik dan lempeng Indo-Australia dan dilewati jalur Ring of Fire yang menyebabkan Indonesia memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap bencana.
Pengetahuan mitigasi bencana dan jenis bahaya yang ada merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga dapat menurunkan risiko bencana. Mahasiswa dihimbau agar berperan aktif untuk ikut serta meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga masyarakat bukan hanya menjadi sasaran dalam upaya penanggulangan bencana namun sebagai sumber daya utama dalam penanggulangan bencana.
Sebagai penekanan dalam sosialisasi mitigasi bencana, perlunya memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dimulai dari kesiapsiagaan individu, keluarga maupun masyarakat sekitar.
Dalam era revolusi industri 4.0 yang sudah menggunakan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan maka pengetahuan mitigasi bencana pun dapat didapatkan secara digital sehingga dalam sosialisasi ini mahasiswa dihimbau untuk menggunakan teknologi sebagai upaya mitigasi bencana dengan menggunakan aplikasi resmi dari BNPB yaitu INARisk.
Melalui sosialisasi mitigasi bencana ini diharapkan, dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dan menjadi ketangguhan, dalam menghadapi bencana bagi bangsa Indonesia melalui upaya “Living in Harmony with Risk“.

Dokumentasi :





mentor deni

adib hermawan

Sosialisasi Mitigasi Bencana Bagi Seluruh Mahasiswa UNHAN  Sosialisasi  Mitigasi Bencana Bagi Seluruh Mahasiswa UNHAN Reviewed by Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional on January 25, 2019 Rating: 5

1 comment:

  1. Luar biasa, semoga mahasiswa lulusan UNHAN prodi manajemen bencana dapat mengaplikasikan ilmunya di masyarakat dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Semangat

    ReplyDelete

Gallery

Powered by Blogger.