Prodi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan menerima kuliah pak Sutopo,Kapusdatin BNPB di Pusdalops BNPB

Prodi Magister Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan menerima kuliah Kapusdatin BNPB di Pusdalops BNPB  Jl. Pamuka, Jakarta Timur.

Bogor (18/01/2019).
Mahasiswa Prodi Manajemen Bencana Fak. Kamnas Unhan dipimpin oleh Seprodi MB Kolonel Kes Dr. IDK Kerta Widana, SKM., MKKK melaksanakan kegiatan kuliah Kapusdatin BNPB  sekaligus meninjau diorama kebencanaan di Pusdalops BNPB oleh Bapak Dr. Sutopo Purwo Nugroho, M.Si., APU ke Graha BNPB  Jakarta Timur.  Kegiatan tsb dilaksanakan sebagai salah satu materi dalam kuliah Manajemen Risiko Bencana Prodi MB semester 2 tahun 2019 dengan topik "komunikasi dan informasi kebencanaan"

Kegiatan ini disambut antusias tinggi mahasiswa prodi Manajemen Bencana FKN Universitas Pertahanan, sekalugua untuk mengenal lebih dekat mekanisme kerja Pusdalops  kebencanaan BNPB.  Selain itu mahasiswa diajak berkeliling mengenal lebih dekat bagian pusdalop BNPB melalui penjelasan data statistika, INAware, INARisk, dan GIS melalui data digital sebagai implementasi teknologi 4.0 dalam kaitannya penanganan kebencanaan. Melalui pembelajaran ini diharapkan mahasiswa mampu lebih memahami  dan meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menghadapi dan mengurangi risiko bencana.

Setelah penjelasan singkat oleh salah satu alumni prodi Manajemen Bencana cohort 4 yang kini tergabung di BNPB, mata kuliah Bapak Sutopo dipaparkan berkaitan dengan topik "Penanganan Bencana 2018" berdasarkan trend kebencanaan tahun 2003-2018 serta motif peningkatan bencana yang didominasi oleh bencana hidrometeorologi yang terus meningkat akibat kerusakan lingkungan, kepadatan penduduk, pengaruh politik, perkembangan teknologi hingga lahirnya kelembagaan serta pencatatan data frekuensi kebencanaan. Selain itu, Bapak Sutopo juga memberikan saran dalam penulisan tesis yang lebih merefleksikan nilai-nilai unik dan ilmiah khas milik Universitas Pertahanan Indonesia, sehingga nantinya Universitas Pertahanan Indonesia melalui hasil riset ilmiah semakin dikenal dalam dunia penelitian ilmiah.
Salam Tangguh Salam Bela Negara !!!

Video Dokumentasi :


Foto dokumentasi :


















Prodi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan menerima kuliah pak Sutopo,Kapusdatin BNPB di Pusdalops BNPB Prodi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan menerima kuliah pak Sutopo,Kapusdatin BNPB di Pusdalops BNPB  Reviewed by Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional on January 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Gallery

Powered by Blogger.