Fakultas Keamanan Nasional (KAMNAS) UNHAN Melaksanakan Preliminary Studi ke Bali


Bogor (24/01/2019).   Fakultas Keamanan Nasional (Kamnas) Universitas Pertahanan melaksanakan Preelemenary Studi ke Bali tanggal 23-25 Januari 2019.    Kegiatan ini merupakan program tahunan yang sudah dijadwalkan dalam Kalender Akademik Unhan,  dimana proses pembelajaran di Unhan selain perkuliahan di dalam kelas, juga dilaksanakan melalui program study visit, pengabdian kepada masyarakat (PKM), kuliah kerja dalam negeri (KKDN), dan kuliah kerja luar negeri (KKLN).  



Ketua Tim Preeleminary Studi FKN Unhan tahun 2019, yang dipimpin oleh Dekan FKN Unhan Laksanama Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT dengan 7 orang pengikut dari tiga program studi  FKN yaitu: Manajemen Bencana, Damai dan Resolusi Konflik, serta Keamanan Maritim,  dimaksudkan untuk mengkoordinasikan dan menyiapkan pelaksanaan program Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN)  FKN Unhan yang akan dilaksanakan pada 24 Januari 2019 sampai dengan 1 Maret 2019 di Provinsi Bali yang mengabil tema: Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali Dalam Pengelolaan Sumber Daya Guna Mendukung Pertahanan Negara : (Manajemen Konflik, Manajemen Bencana dan Kemanan Maritim).

Dipilihnya Provinsi Bali sebagai lokasi pelaksanaan KKDN FKN Unhan, mengingat Provinsi Bali yang sangat terkenal dengan ragam budaya dan kearifan local serta merupakan tujuan wisata dari wisatawan manca Negara, juga tidak luput dari potensi ancaman terhadap keamanan nasional, berupa konflik yang berakar pada perbedaan kepentingan, fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana, serta masalah  kemanan maritim.

Setelah tiba di Bali, Rombongan  langsung melaksanakan audiensi ke Panglima Kodam IX Udayana.  Rombongan FKN Unhan diterima langsung oleh Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susanto beserta  para Asisten Panglima Kodam IX Udayana.  Pangdam IX Udayana menyambut baik dan mendukung program KKDN FKN-Unhan yang akan dilaksanakan di Provinsi Bali. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim,  bahwa rangkaian kegiatan KKDN yang akan dilaksanakan di Bali meliputi: pembekalan (oleh Gubernur Bali, Panglima Kodam IX Udayana, Kapolda Bali, dan Ketua DPRD Bali), seminar nasional tentang Bela Negara yang akan diikuti oleh 200 peserta/mahasiswa  dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Denpasar, pengumpulan data penelitian program studi, serta pengabdian kepada masyarakat ke tiga sekolah tingkat menengah atas.

Pada hari ke-2 Kamis, 24 Januari 2019 Tim  melaksanakan audiensi ke Gubernur Bali,  Kapolda Bali, Balai Besar BMKG Wilayah III, Ditpolairud, Kantor Perwakilan Kemdes di prov. Bali, dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah di jajaran Provinsi Bali maupun Kabupaten Badung (Bakesbangpol, BPBD Provinsi,  Sudin KKP Provinsi, Sudin Dikbudpar Prov, dan BPBD Kabupaten).

Pada hari ke-3, Tim melaksanakan koordinasi ke Sekolah-sekolah untuk pelaksanaan program Unhan Mengajar (Unhan Goes to School), yang akan diisi dengan berbagai kegiatan pendidikan Bela Negara, serta edukasi tentang mitigasi bencana. Disamping kegiatan audiensi, tim juga melaksanakan koordinasi untuk penyiapan tempat-tempat pelaksanakan kegiatan yang melibatkan audien dalam jumlah banyak.  

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Preeleminary Studi FKN Unhan selama tiga hari di Provinsi Bali telah berjalan dengan baik dan lancar.  Hal tersebut berkat koordinasi  dan prosedur administrasi yang telah dilaksanakan jauh-jauh sebelumnya, sehingga semua instansi yang dituju telah memahami, dan menyambut baik   rencana kegiatan KKDN  FKN Unhan yang akan dilaksanakan.  Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini  semakin ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang. Salam Tangguh! Bela Negara !  

Dokumentasi : 



















Fakultas Keamanan Nasional (KAMNAS) UNHAN Melaksanakan Preliminary Studi ke Bali Fakultas Keamanan Nasional (KAMNAS) UNHAN Melaksanakan Preliminary Studi ke Bali Reviewed by Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional on January 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Gallery

Powered by Blogger.