Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan melaksanakan kegiatan seminar bela negara di kampus Universitas Udayana. #KKDNDay2

Hari kedua KKDN Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan  melaksanakan kegiatan seminar bela negara di kampus Universitas Udayana
Bali (26/02/2019)
Kegiatan seminar bersama bela negara ini merupakan kerja sama antara Universitas Pertahanan dengan Universitas Udayana. Kegiatan ini mengambil tema “Semangat Mensukseskan Pesta Demokrasi 2019 Guna Meningkatkan Jiwa Pertahanan dan Bela Negara”, bertempat di gedung Pasca Sarjana lantai 3 Universitas Udayana Bali.
Seminar bersama ini dihadiri oleh perwakilan dari Polda Bali, Ketua DPRD Bali, Pengadilan Tinggi, Korem 163/Wira Satya, Walikota Denpasar serta Mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional Unhan dan perwakilan dari 12 Fakultas di Universitas Udayana.
Seminar dibuka oleh Kepala Lembaga Penelitian Dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pertahanan, Megy Magdalena L, S.H., M.H., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sedianya acara seminar ini dibuka oleh Rektor Universitas Pertahanan, akan tetapi karena padatnya kegiatan sehingga beliau tidak bisa hadir. Esensi yang disampaikan dalam sambutanya yaitu tentang  kesiapan pesta demokrasi rutin tiap 5 tahun sekali untuk memilih pemimpin negara, pemimpin daerah maupun perwakilan rakyat di kursi tingkat pusat dan daerah sangat berpengaruh terhadap jiwa persatuan dan kesatuan bangsa. Beberapa kasus berorientasi pada masalah pemilu yang kita sudah saksikan di media sosial diantaranya kasus persekusi perorangan, kasus hoaks tentang bencana alam, kasus hoaks pembakaran rumah ibadah, pengibaran bendera partai sebelum masa kampanye, sosialisasi kontestan sebelum waktunya, penggunaan sarana ibadah untuk kampanye. Secara umum hal ini membuat jiwa persatuan dan kesatuan daerah, wilayah dan bangsa terkoyak karena masing-masing orang tidak saling percaya dan akan membela pilihannya. Kondisi ini akan dimanfaatkan oleh pihak asing dan pihak pecinta disintegrasi bangsa untuk memecah belah kesatuan dan persatuan.
Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Made sudarma, M.S, selaku wakil dari Universitas Udayana dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa motivasi dalam diri sangat mempengaruhi maju mundurnya bangsa ini, serta pentingnya Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional dalam menghadapi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT). Dalam pelaksanaan pemilu 2019, Hak pilih dalam pemilu wajib digunakan karena sangat mempengaruhi  dalam menentukan nasib bangsa Indonesia ke depannya.
Seminar dipimpin oleh moderator Kolonel Laut (KH/W) Christine S Marnani M.A.P dosen Prodi Manajemen Bencana Unhan, diawali dengan pemaparan dua narasumber, narasumber pertama adalah dekan Fakultas Keamanan Nasional universitas pertahanan, Laksda Dr. Siswo Hadi Sumantri ST, M.MT., yang menyampaikan tentang “Semangat Bela Negara Menuju Pemilu Damai Tahun 2019”. Poin penting yang disampaikan adalah tentang pembinaan kesadaran bela negara sebagai upaya membangun daya tangkal bangsa menghadapi  ancaman  multidimensi, mahasiswa sebagai sumber daya manusia pertahanan yang memiliki pancasila, serta pemilu sebagai wujud demokrasi. Selain itu diakhir paparan beliau memberikan atensi yaitu wujud bela negara dapat dilakukan dengan berbagai sikap salah satunya mewujudkan pemilu damai; nilai-nilai bela negara harus ditanamkan sejak dini, baik melalui pendidikan formal, non formal maupun non formal; bela negara tidak hanya mengangkat senjata, setiap warga negara harus berperan aktif sesuai dengan profesinya dalam kegiatan pertahanan negara
Narasumber kedua adalah Dr. Drs. I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa, M.Si Dekan Fisip Universitas Udayana menyampaikan tentang “ Sukses Pemilu, Sukses Pertahanan Negara”  yang bersisi tentang Ketahanan Indonesia akan mampu diciptakan dan dipertahankan dengan baik apabila masyarakat mendukung melalui sikap politik, sikap sosial dan sikap budaya dengan didukung oleh modal dasar yang sudah ada; Pemilihan umum yang tertib dan mampu menghargai hasil pilihan pada pemilu 2019 merupakan modal awal untuk menciptakan pertahanan bangsa dan negara yang kuat.

Di akhir seminar Bela Negara kerja sama antara Universitas Pertahanan dan Universitas Udayana ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan mampu memberikan masukan-masukan yang bersifat konstruktif dalam menghasilkan formulasi yang lebih baik dalam mengambil langkah kedepan, khususnya dalam mengatasi masalah-masalah bangsa yang saat ini terjadi, dengan harapan mudah-mudahan bangsa ini semakin hari akan semakin lebih baik, makin bersatu dalam keberagaman, serta terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif perkembangan kehidupan masa kini yang bertentangan dengan budaya bangsa indonesia dan idiologi pancasila. Kegiatan seminar bersama ini, kiranya dapat memberikan manfaat positif bagi Universitas Pertahanan dan Universitas Udayana serta seluruh peserta seminar demi keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salam tangguh slaam bela negara !

dokumentasi :







Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan melaksanakan kegiatan seminar bela negara di kampus Universitas Udayana. #KKDNDay2 Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan  melaksanakan kegiatan seminar bela negara di kampus Universitas Udayana. #KKDNDay2 Reviewed by Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional on March 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Gallery

Powered by Blogger.