Prodi Manajemen Bencana Fakultas KAMNAS Unhan Selenggarakan Seminar Hasil KKDN yang dilaksanakan di Pemprov Bali

Bogor – Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letnan Jenderal TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.AP., diwakili oleh Dekan Fakultas Keamanan Nasional Laksamana Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT., membuka kegiatan seminar hasil  Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Keamanan Nasional (FKN Unhan) di Pemprov Bali, selama 7 hari dari tanggal 25 Februari s.d 1 Maret 2019, dengan tema “Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam Pengelolaan Sumberdaya Daerah untuk mendukung Pertahanan Negara”,
Bertempat di gedung Auditorium Kampus Bela Negara Kompleks IPSC Sentul. Rabu (10/4)

Seminar ini menghadirkan narasumber Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali  I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, SH., M.H., Kepala pelaksana BPBD Prov Bali Dr. I Made Rentin, AP. M.Si., Regional Manager HC and GA Regional Bali Nusra Nugroho Christianto SE. M.M. dan  Kabid Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Prov. Bali  Drs. AA. Ngurah KT. Suweda, M.Si  dengan Moderator Kapus Relevansi dan Manajemen Pendidikan Unhan Kolonel Czi Wayan Nuriada, S.H., M.Si (Han).
Melalui amanat Rektor Unhan pada pembukaan seminar hasil KKDN yang dibacakan oleh Dekan FKN Unhan, disampaikan bahwa geopolitik dan geostrategi, serta perkembangan teknologi yang dinamis, berdampak pada tantangan dan ancaman yang semakin kompleks, terhadap pertahanan negara. berbagai ancaman tersebut adalah, ancaman militer, ancaman nonmiliter, serta ancaman hybrida yang dapat dikelompokkan menjadi ancaman nyata, maupun ancaman yang belum nyata.
Pada masa mendatang, dalam menghadapi ancaman tersebut, kita tidak hanya secara parsial bergantung hanya pada kekuatan pertahanan konvensional, melainkan juga kekuatan pertahanan yang terintegrasi dan bersinergi, sehingga tercipta hubungan yang harmonis, saling berkomunikasi, Berkoordinasi untuk menghadapi dan mengatasi bersama, berbagai persoalan dengan kemampuan, dan keunggulan masing-masing daerah, guna mendukung kekuatan pertahanan negara.
Bali merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang terkenal dl manca negara. ditopang oleh sumber daya alam, keindahan panorama alam yang mempesona, kehidupan seni budaya masyarakat Bali yang luhur dan unik, serta penduduknya yang terkenal ramah tamah, menjadikan provinsi Bali tumbuh dan berkembang maju, yang sebagian besar pendapatan daerahnya berasal dari sektor pariwisata.
Kegiatan seminar diawali oleh pemaparan hasil pelaksanaan KKDN FKN Unhan dari tiap-tiap prodi antara lain paparan Prodi Damai dan Resolusi Konflik FKN Unhan dengan topik ” Desa Pakraman sebagai Local Wisdom dalam Penyelesaian Konflik di Bali” oleh Ira Guslina Sufa, yang dilanjutkan dengan paparan  dari Prodi Keamanan Maritim (KM) dengan topik “Pemberdayaan Potensi Maritime Domain Awareness (MDA) dalam Mendukung Sinergitas Lembaga Keamanan Maritim” oleh Rivaldi ananda Dwi Putra, serta paparan dari Prodi Manajemen Bencana (MB) dengan topik ” Kesiapsiagaan pemerintah daerah Provinsi Bali dalam penanggulangan bencana” oleh Dewi Apriani.
Pada kegiatan seminar ini dikembangkan dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta seminar dan narasumber seputar kemampuan masyarakat dan pemerintah daerah  dalam menghadapi berbagai kemungkinan potensi bencana, selain itu juga ditampilkan beberapa kreasi seni tari  dari perwakilan mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional Unhan diantaranya dengan menampilkan tari puspanjali dan janger dari Bali, tari pujang ganong dari Jawa timur dan tari Merak dari Jawa tengan serta kreasi tari Nusantara.
Kegiatan Seminar ini dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, III, IV, Dosen serta Mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional Unhan.(Anh)
Mengetahui : Kabag Humas Unhan





Prodi Manajemen Bencana Fakultas KAMNAS Unhan Selenggarakan Seminar Hasil KKDN yang dilaksanakan di Pemprov Bali Prodi Manajemen Bencana Fakultas KAMNAS Unhan Selenggarakan Seminar Hasil KKDN yang dilaksanakan di Pemprov Bali Reviewed by disment_idu9 on April 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Gallery

Powered by Blogger.